OSIS SMANSAKA Seminar Virtual Bersama Gubernur Jateng

Selasa, 01 Desember 2020 — (Hari Anti Korupsi Sedunia “Hakordia”)

Dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Dunia pada tanggal 9 Desember 2020, perwakilan pengurus OSIS SMA N 1 Kayen mengikuti seminar virtual pencegahan korupsi bersama Gubernur Jawa Tengah  H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP. dengan narasumber  Suharsi, SKM. M. Kes dan Duta Integritas dipimpin oleh Moderator Dra. Farida Fahmalatif, M. Pd., Drs. Muhari, Dr. Rahayu Ningsih. Pada kesempatan seminar tersebut topik yang dibahas adalah Membangun Generasi Milenial Antikorupsi. 

Perwakilan pengurus OSIS yang berkesempatan mengikuti webinar tersebut diberikan pengetahuan bagaimana menanamkan nilai nilai integritas yang harus dimulai sejak dini. Metode mudah adalah dengan melakukan penyuluhan yang disesuaikan trend anak muda masa kini. Diantaranya melalui media sosial dengan memanfaatkan aplikasi tik tok. Aplikasi ini bisa digunakan lembaga pendidikan sebagai sarana anti korupsi. Selain itu, peran guru Agama dan BK sangat penting untuk membentuk karakter peserta didik.                                

Dalam webinar tersebut disampaikan pula  7 jenis klasifikasi korupsi:

  1. Merugikan keuangan negara
  2. Suap
  3. Gratifikasi
  4. Penggelapan dalam jabatan
  5. Pemerasan
  6. Perbuatan curang
  7. Konflik kepentingan

Di akhir acara setelah dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap materi atau topik di atas, selanjutnya seluruh peserta mendapatkan wawasan  tentang pencegahan korupsi. Semoga bermanfaat serta dapat menjadi pembelajaran bagi kedepannya.  

Oleh : Jurnalis Saka

Editor : ERMYMOL