“Berkarya Dan Berkreasi Untuk Prestasi Dan Prestise”

Tahun 2008 sebagai awal Gedung Perpustakaan SMA Negeri 1 Kayen yang terletak di sebelah Barat bagian Utara. Seiring dengan perkembangan SMA Negeri 1 Kayen  yang terus membangun dan berbenah, akhirnya pada tahun 2015 perpustakaan SMA Negeri 1 Kayen menempati  gedung baru seluas  18 m x 8 m atau  144 m persegi yang terletak di lantai  satu gedung  baru sebelah  barat. 

Berbagai sumber belajar, seperti buku paket, alat peraga, dan media pembelajaran lainnya mulai tertata sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Penataan terus dilakukan, baik berkaitan dengan ruangan maupun sarana prasarana pendukung secara berkelanjutan. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan perbendaharaan koleksi buku dan pelayanan kepada warga sekolah.

Hadirnya gedung perpustakaan SMAN 1 Kayen merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di SMAN 1 Kayen. Penataan dilakukan secara berkelanjutan dengan berbagai kreativitas, seperti penataan area dalam ruangan perpustakaan yang meliputi:

  1. Ruang referensi
  2. Ruang koleksi
  3. Ruang baca individu
  4. Ruang baca lesehan
  5. Ruang audio vidual
  6. Area kerja dan layanan sirkulasi

Pada Tahun pelajaran 2020/2021, perpustakaan SMA Negeri 1 Kayen dikelola oleh 4 orang, yang terdiri dari 1 koordinator perpustakaan dan 3 staf. Dengan motto Berkarya Dan Berkreasi Untuk Prestasi Dan Prestise, maka seluruh pengelola perpustakaan bertekad untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh warga sekolah dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.


Visi Perpustakaan SMAN 1 Kayen

Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, budi pekerti, dan mempertebal rasa kebangsaan dan cinta tanah air sehingga dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa  berdasarkan sistem pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Misi Perpustakaan SMAN 1 Kayen

  1. Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca khusunya, serta mendayagunakan budaya tulisan dalam segala sektor kehidupan.
  2. Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi.
  3. Mendidik peserta didik agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat dan berhasil guna.
  4. Meletakkan dasar-dasar ke arah belajar mandiri.
  5. Memupuk dan mengembangkan minat dan bakat siswa.
  6. Menumbuhkan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif.
  7. Mengembangkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggung jawab dan usaha sendiri.
  8. Memberi layanan yang layak dan berkualitas kepada peserta didik maupun pendidik dan tenaga kependidikan  untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Untuk saat ini, perpustakaan SMA Negeri 1 Kayen menggunakan program otomasi CORDOBA ADMINISTRASI versi 2.31 yang memudahkan proses layanan pemustaka.