Unity of Art: Apresiasi Sekaligus Pacu Prestasi Seni

Tunjukkan kreasi dan kemampuan dalam bidang karya seni, Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Kayen menggelar kegiatan pameran Unity Of Art. Sejumlah karya berupa karya berupa lukisan kanfas, lukisan kaca, ada juga hasil kerajinan tangan turut dipamerkan. Dijadwalkan pameran in berlangsung 3 hari dari 6-8 Februari 2019.

Ruang auditorium sekolah disulap menjadi galeri pameran dadakan dengan balutan ornament bernuansa seni nan artistik. Selain seni rupa, kreasi seni tari, drama juga turut dipertontonkan.

Ketua panitia kegiatan Ganda Sukma mengatakan, semua karya yang dipamerkan adalah milik siswa kelas XI. Para siswa sengaja mengumpulkan apa saja karya mereka dari hasil belajar selama satu tahun terakhir. “Jadi bisa dibilang kegiatan ini menjadi ajang untuk pembuktian apa saja sih yang didapat para siswa selama belajar seni selama setahun ini,” ujar Ganda

Masih menurut Ganda pembelajaran seni di SMA N 1 Kayen ada dua jurusan yakni seni rupa dan seni tari. Bagi siswa  IPS diajarkan seni rupa sedangkan siswa IPA  diajari seni tari.

“Karena itu dalam kegiatan ini kami mengambil tema ” Unity Of Art” maksudnya adalah menggabungkan dua unsur seni yang ada yakni seni rupa dan seni tari ,” jelasnya

Kepala SMA Negeri 1 Kayen Hartono, sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan para anak-anak muridnya. Disebutkannya kegiatan pameran karya seni ini adalah kali kedua. Sebelumnya kegiatan serupa juga pernah digelar namun acaranya tidak dibuat sebesar tahun ini.

“Kalau tahun kemarin hanya pameran karya seni hasil kreativitas siswa saja. Sedangkan untuk tahun ini juga tutrut diadakan kegiatan bazar, pasar murah dan kegiatan sosial donor darah,” kata Hartono.

Dewi, salah satu siswi mengaku bangga dan senang dengan adanya pameran ini dan berharap selain untuk dipamerkan juga memacu dirinya dan teman-temannya untuk makin berprestasi di bidang seni.

Sementara itu salah seorang siswi di sekolah setempat, Dewi dia mengaku sangat senang karena karyanya bisa dipamerkan dan dilihat banyak orang.

” Harus diadakan setiap tahun, dan siswa yang memiliki karya terbaik diberi hadiah,” harap siswi kelas XI itu .